Thursday, January 23, 2014

Fungsi Manajemen Distribusi Bab 2

Summary fungsi distribusi manajemen. Bab 2
Summary Bab 2 Maureen MS D3MLM2012 (PEMADATAN)
Fungsi ini terjadi setelah terjadi fungsi pertukaran. Fungsi pertukaran itu, memerlukan 2 transaksi antara 2 pihak/lebih. Beberapa fungsi yg ada ialah: pembelian, penjualan & resiko. Saluran distribusi, perantara melakukan fungsi pengumpulan brang dari beberapa sumber/beberapa macam barang dari sumber yg sama. Fungsinya, membantu dalam meningkatkan efisiensi penyaluran utama utk barang2 konsumsi contohnya makanan. Ya contohnya,supermarket dapat menampung bermacam-macam barang dari beberpa sumber. Bila penyaluran tsb dilakukan oleh masing-masing sumber kpd pembeli scara langsung maka transaksi yg terjadi akan sangat banyak. Fungsi dalam hal ini, menciptakan nilai guna waktu karena melakukan penyesuain antara penawaran dengan permintaan. untuk produk baru, outlet yg tradisionil posisinya kuat. Makanya mereka tak jarang minta semacam listing fee yg dilakukan modern market. Sebaliknya, bagi produk big brand/market leader, yg permintaan pasar cukup tinggi, posisi pengelola tradisionil biasanya lebih inferior jadi ya gak heran kalo mereka lebih disiplin patuh sama aturan yg ditetapkan oleh distributor/pemilik merek. fungsi ini dilakukan oleh penyalur dengan cara menggolongkan, memeriksa&menentukan jenis barang yg disalurkan. Jenis barang konsumsi akan punya saluran yg berbeda sama barang industri. Karena berkaitan dgn kualitas barang, penyalur. Karna penyalur juga harus memutuskan utk mengambil semua kualitas/hanya kualitas yg tertentu aja? contoh seperti industri minum kemasan aqua. Dalam pemanfaatannya hingga sampai ke pelosok daerah yg disesuaikan pasarnya. Bagi prosuk yg ditujukan utk semua segmen yg pemanfaatannya menggunakan psar tradisional lalu selebihnya modern. Lalu selebihnya fokus sama saluran yg modern seperti ritel.

No comments:

Post a Comment