Summary Bab 2 Maureen MS D3MLM2012 (PEMADATAN)
Fungsi ini terjadi setelah terjadi
fungsi pertukaran. Fungsi pertukaran itu, memerlukan 2 transaksi antara 2
pihak/lebih. Beberapa fungsi yg ada ialah: pembelian, penjualan & resiko. Saluran distribusi, perantara melakukan fungsi pengumpulan brang dari beberapa
sumber/beberapa macam barang dari sumber yg sama. Fungsinya, membantu dalam
meningkatkan efisiensi penyaluran utama utk barang2 konsumsi contohnya makanan.
Ya contohnya,supermarket dapat menampung bermacam-macam barang dari beberpa
sumber. Bila penyaluran tsb dilakukan oleh masing-masing sumber kpd pembeli
scara langsung maka transaksi yg terjadi akan sangat banyak. Fungsi dalam hal
ini, menciptakan nilai guna waktu karena melakukan penyesuain antara penawaran
dengan permintaan. untuk produk baru, outlet yg tradisionil posisinya kuat.
Makanya mereka tak jarang minta semacam listing fee yg dilakukan modern market.
Sebaliknya, bagi produk big brand/market leader, yg permintaan pasar cukup
tinggi, posisi pengelola tradisionil biasanya lebih inferior jadi ya gak heran
kalo mereka lebih disiplin patuh sama aturan yg ditetapkan oleh
distributor/pemilik merek. fungsi ini dilakukan oleh penyalur dengan cara
menggolongkan, memeriksa&menentukan jenis barang yg disalurkan. Jenis
barang konsumsi akan punya saluran yg berbeda sama barang industri. Karena
berkaitan dgn kualitas barang, penyalur. Karna penyalur juga harus memutuskan
utk mengambil semua kualitas/hanya kualitas yg tertentu aja? contoh seperti
industri minum kemasan aqua. Dalam pemanfaatannya hingga sampai ke pelosok
daerah yg disesuaikan pasarnya. Bagi prosuk yg ditujukan utk semua segmen yg
pemanfaatannya menggunakan psar tradisional lalu selebihnya modern. Lalu
selebihnya fokus sama saluran yg modern seperti ritel.
No comments:
Post a Comment